Perjalanan Dunia Perbehelan Part I - Masalah Setelah Pemasangan Behel

Paibu, memakai behel itu, selain memperbaiki, dia juga menyakiti. Saaangat.

Pasti udah banyak yang tau juga, banyak yang maju mundur pake behel karena mempertimbangkan masalah-masalah ini. Sedikit cerita ini mungkin bisa jadi pertimbangan untuk memutuskan masuk ke madzhab pesakitan gigi ini. Mungkin juga bisa membantu mengurangi kepanikan-kepanikan yang melanda, agar tak terlihat bodoh seperti diriku yang dulu.

Berikut cerita-cerita (kesakitan) selama setahun pakai behel:


1. Braces Terlepas (Copot)

Wah, geela sih ini, parah. I think there's no one ever have the same experience like this.

Ini adalah foto beberapa jam setelah pemasangan
As you can see, yaaaa, gitu, deh.

Ceritanya, pas perjalanan pulang, satu braces lepas. Panik dong jadinya, masa baru pasang udah lepas. Pas nyampe rumah chat temen sana sini yang udah pake. Nanya, yang begini wajar atau enggak. Dan semuanya bilang wajar. Wajar kaloo braces baru dipasang lepas satu dua. Karena, lemnya belum kuat nempel ke gigi.

1 jam kemudian, 2 braces lepas. Total udah 3. Hm~
Mencoba menenangkan diri dengan inget-inget kata dokter. Nggak usah panik kalau ada yang lepas, soalnya gigiku emang naik turun kayak roller coaster. Ditahan aja sampe kontrol berikutnya dan jangan sampe ilang. Begitu pesan-pesan dari dokter yang masih terngiang jelas sampe sekarang.
Karena apa, karena mahal, bok, kalo sampe ilang. Pasang doang yang lepas aja bayar, apalagi ilang.

Dan, bencana itu datang juga. Tepatnya setelah makan pisang, sekitar 4 jam setelah pemasangan.
Copot-dong-itu-kawat-paling-ujung-beserta-jajarannya.
Total udah ada 6 yang copot. Nggak keliatan semua di kamera.

Karena merasa udah nggak wajar anjir gini amat, akhirnya aku memeutuskan untuk menghubungi admin sambil kirim foto ini. Kabar baiknya, besoknya disuruh balik lagi untuk ngebenerin yang copot-copot itu. Dan gratis. Mungkin sejenis garansi.

Keesokannya balik. Dicopot lagi semua. Dibenerin posisi-posisi bracesnya. Diganti lemnya (sebelumnya cuma dipekein lem terus ditempel, yang baru pake disinar-sinar segala). Dan juga diganti kawatnya jadi lebih tipis. Kata dokternya, "kebangetan gigimu, li, kalo sampe copot lagi. Ini kawat udah paling tipis". Hahaha. Dokternya emang suka terlalu ceria 😢

Temenku yang pasang di FDC Pondok Aren juga, sebulan setelah aku pasang, tidak mengalami hal serupa kok. Ini emang gigiku aja kayaknya yang bandel. Tapi doi akhirnya ada yang lepas juga katanya pas udah beberapa hari. Tapi cuma satu.

Saran aing, jaga makanan di bulan pertama dan kedua pemasangan. Makan yang lembek-lembek dulu. Kalo gede ya potongin dulu kecil-kecil. Kalo agak keras, ko pukul-pukul dulu lah itu sama sendok.

Serius, deh.

Nyesek moment adalah pas braces copot cuma gara-gara makan bakwan (ini beneran kejadian di bulan kelima).
Kelezatan bakwan yang dua rebu tiga itu harus ko bayar dengan ongkos pasang ulang braces yang lepas, duapuluhlimariburupiah. Ditambah lagi, kalau kejadian itu terjadi di awal bulan kontrol, niscaya ko harus nunggu sampai jatah kontrol bulan berikutnya alias kagak ada progress apa-apa di gigi yang copot itu selama sebulan, yang bahkan mempengaruhi kinerja gigi lainnya.

Sia-sia belaka usahamu yang 5 juta itu, kawan!
Sungguh, sia-sia.


2. Sakit


Udah nggak usah ditanyain lagi kebenarannya. Sakiiiiiiiiiiiittttttt, banged nged nged nged!
Rasanya tuh kayak pengen di copot bentaaaaar aja.

Jadi, sakit yang haqiqie itu, emang udah tau dari banyaknya orang yang bilang. Terus pas baru abis pasang, nggak berasa apa-apa, dong. Nggak sakit samsek. Cuman susah mingkem aja sih. Kayak nyangkut-nyangkut bibirnya. Terus kalau lau kebanyakan mangap, bakal kering juga. Yang mana itu nggak enak banget jadinya buat ngomong.

Udah sombong aja tuh.

Eh, 3 jam kemudian..
Subhanallah..

Rasanya tuh gigi goyang semua. Maunya nganga aja itu mulut. Nyampe mau misuh aja udah nggak sanggup rasanya. Sungguh~

Tapi, tapi...
Nggak lama, kok. Seingetku yang ngilu-sengilu-ngilunya itu, cuma 2 jam. Ya lau tinggal aja nontonin drama korea 2 episode. Opa-opa berdada bidang bertubuh tinggi dan perutnya kotak-kotak itu, sangat membantu mengalihkan perhatianmu dari rasa sakit yang terus membelenggu itu.

Abis itu ya laper-laper juga. Makan-makan juga. Walaupun emang susah buat gigit makanan.
Karena daku anaknya nggak tahanan sama yang namanya sakit, akhirnya emang mengindari makanan yang sekiranya harus dikunyah-kunyah lama. Lebih milih makanan sejenis bubur atau oat, dan sejenisnya.
Kira-kira begini sampe 3 hari. Temen yang barengan pasangnya, nyantai aja loh langsung makan nasi. Gue sih, ogah. Sakit!

Sakit begini emang relatif. Tapi setauku sih nggak ada yang sampe berlarut-larut. Intinya jaga jenis makanan. Kalo nggak kuat ya nggak usah dipaksa.

Sakit Setelah Kontrol.
Yang ini juga menipu banget. Pas abis kontrol mah nggak sakit. Setelah beberapa jam itu loh, rasanyaaaa...

Jadi, ya, nggak usah petakilan keluyuran kesana kemari setelah kontrol. Langsung pulang aja, udah. Bobok-bobok-an nunggu sakitnya dateng.

Apalagi kalau abis ganti kawat. Beuuh.

Tapi walau begitu, adakalanya kamu akan rindu disakiti.

Hm. Bisa gitu, ya?!

Setelah beberapa kali kontrol, ada kalanya dikau akan biasa aja. Nggak sakit. Dan kamu akan menyadari bahwa no pain = no progress.

Iya, jadi selama 4 bulan pertama gigiku progressnya cepet banget. Setelah itu ada masa stagnan, nggak ada progress. Ganti kawat udah. Ganti posisi braces udah. Tapi tetep aja, progressnya dikiiiiit banget. Dan nggak sakit.
Nanti aku bakal ceritain di postingan sendiri tentang progress gigiku selama pakai setahun ini.


3. Sariawan

Yang ini juga udah bukan rahasia umum kalau pakai behel bakal bikin mulut kita gampang sariawan. Apalagi diawal-awal.

Sekali lagi, masalah-masalah semua itu timbul, pada saat awal-awal pemakaian. Karena tentu mulut kita perlu adapatasi dengan adanya benda asing yang bercokol disana 24/7.

Aku kena sariawan justru bukan pas minggu-minggu pertama pakai. Justru timbul sariawan adalah ketika udah mulai nggragas sama makan. Udah aku sempet ceritain diawal kalo aku jaga makanan banget karena nggak tahan sama sakit. Jadi pas udah bisa makan macem-macem, seringkali khilaf makan buru-buru.

Selama pakai braces, timbul sariawan dimulutku karena kegigit waktu makan dan (sepertinya) males gosok gigi malem. Jadi kalau nggak gosok gigi malem, atau udah gosok gigi tapi sebelum tidur makan sesuatu, pas bangun tidur, mulut jadi kering banget dan si braces ini kayak nempel banget sama bibir. Pas dilepas, bibir bakal ketarik terus jadi sariawan.

Entah ini aku doang apa gimana. Tapi temen lain katanya nggak pernah kayak gini (atau nggak pernah merhatiin).

Beberapa kadang juga nggak diketahui penyebabnya. Tiba-tiba dia ada. Putih. Menganga. Dan perih.

Tapi nggak usah parno gitu. Awal-awal ngerasa sariawan emang sakit banget. Kayak kamu sariawan biasanya gitu, lah. Tapi begitu udah 3 kali atau 4 kali, dimana jarak satu sariawan dan lainnya itu deket-deket, kamu bakal ngerasa biasa aja. Masih berasa sakit sih, cuma bukan yang sampe perih banget. Buat makan juga biasa aja.

"Karena sakit yang diulang-ulang tidak akan lagi menjadi sakit"


4. Gigi Sensitif

Karena terjadi pergeseran gigi, tentu syaraf-syaraf pada gigi akan mengalami pergeseran juga. Timbulnya gigi sensitif tidak dialami semua orang yang memakai behel. Ini berdasarkan pengalamanku dan dua orang teman yang memasang behel diwaktu berdekatan. Aku dan satu orang teman memasang behel di klinik Family Dental Cosmetic (FDC Pondok Aren), dan teman satu lagi memasang di klinik gigi OMDC. Nyatanya hanya aku saja yang mengalami gigi sensitif.

Itupun tidak terjadi sepanjang waktu. Hal ini baru terjadi saat aku memasuki bulan ke 11 pemakaian. Dimana kena air doang aja, rasa ngilunya udah kayak vertigo. Sempet yang ngilu banget selama beberapa detik, lalu kembali normal. Nggak sakit walau kena es juga. Hal ini kira-kira terjadi dalam 2 bulan. Abis itu sekarang udah nggak pernah lagi sih

Lucunya pas lagi jalan-jalan ke pinggir hutan. Hawa sejuk yang ditawarkan justru bikin gigi ku ngilu nggak ilang-ilang. Sumpah. Sakit banget.


5. Berat Badan Turun

Yang ini bisa jadi berkah bisa jadi bencana, sih. Gimana enggak, setelah sakit yang tahan 3 harian, ditambah sariawan yang suka nongol ditempat pewe buat ngunyah, tentu akan menurunkan nafsu makan mu. Berat badan udah pasti bakal turun.

Kalau kamu merasa berat badan kamu melebihi yang kamu harapkan, tentu bakal seneng dengan kondisi kayak gini. "Sekalian diet" adalah semboyan yang akan membuatmu tersenyum girang. Tapi kalau kamu tipikal yang makan-apapun-sebanyak-banyaknya-tapi-tetap-berat-nggak-naik-naik, tentu ini jadi momok tersendiri.

Aku termasuk yang kedua, kurus, BB gampang turun dan susah naik. Selama pake, awalan itu, aku turun 3kg. Makanya aku masukin ini ke kelompok masalah. Hahaha.

Dulu sempet ragu dan nggak dibolehin pakai sama ortu (dan akibatnya batal pasang berkali-kali), alasan kuatnya adalah ini. Takut anaknya yang kurus kering ini, jadi makin kayak belalang, tulang dan kulit doang.

Tapi setelah dijalani, nggak segitu rumitnya kok. Percaya deh, sesuatu yang relatif itu, udah pasti bakal bisa berubah, atau lebih tepatnya diubah.
Sekarang malah berat badanku naik banget. Dari rata-rata 43 kg (mentok-mentok paling 46 kg), sekarang udah bisa 50 kg.

Jadi, kalau dibilang pakai behel berpengaruh ke berat badan, betul. Tapi bukan berarti nggak bisa diubah kan?


****


Permasalahan umum terkait pakai behel sebenernya cuma itu. Yang udah pasti nggak bisa kamu tolak. Udah siap pakai berarti udah siap sama komitmen cem berdamai dengan rasa sakit kayak begini. Duh ~
Tapi kalau kamu orangnya risih an kayak aku, mungkin akan menambah daftar permasalahan lain seperti makanan nyangkut, bau mulut, daaaaannnn lain-lain.

Nah, kalau masalahnya kayak begitu, tentu ada tips dan trik untuk mengatasinya. Jadi, tungguin postingan selanjutnya ya~



XoXo.

Lay




==============================
Postingan terkait pengalaman pasang behel:

Part I - Persiapan
Part II - Konsultasi Awal

Postingan terkait Perjalanan Dunia Perbehelan

Comments

  1. Kak aku baru udah reservasi untuk pemasangan behel yang purity (2,7jt), udah termasuk scalling dan cetak, cuma aja kok aku ga dapet amnesty 500rb ya? And so gimana progressnya selama 1 tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Promonya berubah-ubah terus. Jadi emang kudu sering pantengin updatedan di instagramnya.
      Itu scallingnya bisa langsung di pakai atau setelahnya?
      Dulu aku soalnya nggak bisa langsung dipake. Mungkin kamu bisa konfirmasi dulu biar ada persiapan.

      Rencana mau bikin postingan tentang progress selama setahun plus foto-foto perkembangan bulanannya.
      Masih di draft, belum sempet lanjutin. 😅

      Delete
    2. ternyata yg copot bukan aku ajaaa tohh :') aku juga pasang FDC Pondok Aren.. ada gigi gingsul gt satu di gigi taring, waktu perjalanan pulang dr FDC kira2 500 meteran lepas gitu bracketnya.. kebetulan aku pasang malem bgt jam 9.. akhirnya balik lagi ke FDC siapa tau dokternya blm pulang kan.. eh si dokter blg besok pagi yaa, soalnya udh pada di matiin.. terus udah akhirnya aku balik ke rumah aku di gading serpong.. pas malemnya mau tidur langsung deh lepas lagi 2 bracket di bagian depan.. padahal aku ga ngapa2in :')

      Delete
  2. nungguin before afternya nih kak hehe

    ReplyDelete
  3. Halo kak, mau tanya pas pemasangan behel itu di gigi geraham nya dipasang ring besi gitu ga sih di gigi nya?
    Soalnya ko bisa copot begitu kawatnya hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak mbak. Setauku nggak semua dipasang ring sih mbak. kemarin gara-gara gigi terlalu meliuk-meliuk, kawatnya nggak kuat nahan. Setelah diganti ke yang lebih tipis sih beres, hehe

      Delete
  4. menunggu part II dong. aku baru mau pasang behel siang ini huhu doakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, bagi-bagi keresahan disini kak.
      Btw aku nulis yang cabut gigi dulu. Lanjutin ininya nunggu mood nulis selanjutnya :D
      Terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  5. Hasilnya gimana kak skrng progressnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak. Bisa dilihat di postingan terakhirku, yang part IV

      Delete
  6. Helo kak, makasih udah ngenalin FDC ke aku. Aku udah pasang dan hasilnya signifikan, thank youu. Aku juga nulis pengalaman aku di herlinquinn222.blogspot.com 😊

    ReplyDelete
  7. Aku pasang behel sama percis kaya yg dipasang kamu. Aku rasanya kaya salah milih jenis behelnya karena berasa bgt tajem dan sariawan di sepanjang bibir. Tapi gatau sih ini aku aja apa gimana. Soalnya bener2 udah seminggu pasang, tapi sariawannya ga ilang2 dan ngilunya makin nambah. Ada ga sih biar mulut ga perih kaya gini? Bener2 seluruh bibir sampe kaya sobek gitu nyeplak behelnya����

    ReplyDelete
  8. Hi ka,mau nnya...kan gigi atas taring aku numbuh dibawah,dia gasejajar sma gigi lainnya,kalo mau pasang behel,harus yang jenis apa yaa kaa?? Dan untuk biayanya biasanya berapa juta?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Pasang Behel di Family Dental Cosmetic (FDC) Part I - Persiapan

Pengalaman Pasang Behel di Family Dental Cosmetic (FDC) Part III - Rotgen Gigi dan Pemasangan Braces

Pengalaman Pasang Behel di FDC Part IV: Akhirnya Cabut Gigi!