FAQ FDC dan Curhatan Gelisah

Seperti biasa, nulis blog lagi setelah sekian luuama.
Postingan ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering mampir di instragram dan blog.
Karea jujur, selain agak bosen juga jawab satu-satu dengan pertanyaan yang sama kadang juga ada yang seram nerornya. Netijen sekarang buas, ya 😆

Sebenarnya semua yang dibahas disini udah dibahas di postingan sebelum-sebelumnya. Mungkin karena partnya agak banyak, jadi banyakan lupanya daripada ingetnya. Gapapa. Anggap aja ini rangkuman.
Niat awal mau screenshoot hasil peretanyaan-pertanyaan yang masuk. Tapi kok mager banget. Postingan ini tayang aja udah alhamdulillah. Cus, dibaca dulu sebelum nanya.
 

Promo Member Get Member masih ada?
Udah nggak ada. Itu postingan tahun 2017. Promo terbaru pasti ada di postingan instagram resmi FDC. Kalaupun ada promo lain, bisa ditanyakan langsung ke CS FDC.

Kontrol perbulannya berapa?

Sejujurnya aku sudah mulai lupa-lupa. HAHAHAHAHA.
Karena ada satu dan lain hal, aku jadi jarang kontrol (detailnya di postingan terpisah, nanti. Sabar.). Terakhir kontrol (November 2019) bayar 320rb untuk ceramic dan saphire, 240rb untuk metal.
Selainitu ada biaya ganti kawat sekitar 2-3 bulan sekali. Nah, ini lupa banget sih. Antara 100rb gitu untuk satu kawat.


Gigiku nggak terlalu berantakan, sih. Aku galau. Tetep pasang atau nggak usah? Aku raguuuu!!
AAAAKKHHH!!!!

TERSERAH ELU MALIIHH 😭😭😭.
Asli, males banget ditanyain gini. Ini pertanyaan tersering selain nanyain promo. Kalo gue dibayar sama FDC mah pasti gue langsung saranin buat pasang disitu semua. Tapi kan enggak (Merasa ingin di endorse). Marketing, bukan. Artis bayaran, bukan. Agen rahasia, bukan. Aku nggak ada kepentingan untuk membujukmu pasang behel. Bebash!
Situ butuh, nggak? Kalo kebanyakn duit, waktu luang, dan ingin tantangan, sok, pasang aja. Kalo dirasa sayang uang dan bersyukur udah dikasih bentuk gigi yang rapi, mendinng nggak usah, nak. Tabung aja duitnya buat jalan-jalan ke USS.


Gigi harus dicabut nggak, sih?

Nggak harus. Tapi kalau dari awal gigimu udah maju, besar kemungkinan akan dicabut 4 gigi.
Kenapa 4 gigi? Sakit nggak dicabut? Sembuhnya berapa lama? Biayanya berapa?
Baca lengkapnya di postingan Cabut Gigi. Itu dah kumplit.


Pasang behel biasanya berapa lama?

Rata-rata orang 2 tahun. Itu kalau; kasus sedang, rajin kontrol tiap bulan, nggak ngeyel sama dokter, bukan atlet debus yang hobi makan beling dan hal-hal keras lainnya.
Bisa lebih cepet, bisa lebih lama. Santuy.


Kenapa FDC bisa murah?

Bentar, bentar. Ini lumayan sensitif.
Kuberi satu bocoran yang jangan bilang-bilang ke FDC, yaw.
Jadi giniiiiiiiiii:
FDC itu emang murah untuk biaya pemasangan awal. Tapiiiiiiiii, biaya kontrolnya mahal bats. Bikin jatah boba-bobaan dan kopi-kopi kekikinian harus di cut. Kamu coba itung aja, bandingin sama klinik lain. Hitung biaya pasang awal + biaya kontrol 2 th + biaya ganti kawat (Anggap 10 kali) + cabut gigi + biaya setelah pemasangan. Niscaya hasilnya nggak akan beda jauh sama klinik lain. Percayalah
Dapet harga-harga itu dari mana? Langsung aja tanyakan ke CS masing-masing klinik. Mereka pasti akan jawab. Jangan tanya aku lagi 😝


Kalau gitu, mending di FDC atau Klinik lain?

Nah, ini tergantung keungan kamu. Ada yang ngerasa harus secepatnya pasang tapi uangnya mepet kayak aku, ini mending pilih FDC. Kalau kamu ada uang cukup, BEBASSHH!
Saran buat adek-adek yang masih sekolah dan keuangan keluarga pas-pasan, mending konsultasiin sama ortu dulu, karena bayar perbulannya juga akan berat. Menurutku ini mending cari yang biaya kontrol perbulannya murah aja, terus biaya pasang awalnya kalau emang belum cukup ya nabung dulu. Daripada nanti malah jarang kontrol. Toh, kalian juga masih muda.
Kalau untuk yang kuliah, udah kerja atau ibu rumah tangga, menurutku FDC ini cocok, sih. Karena aku tau, kalian kan rakyat suka nyicil. (Aku banget ini. Hahaha).
Siapa yang juga suka ngerasa kalau nggak nyicil kayak nggak bakal kesampean? Wkwkwk.
Pertimbangkan umur juga. Makin berumur alias makin tua umur kita, kemampuan gigi untuk direkonstruksi juga makin lemah. Artinya waktu penyelesaian pakai behel juga akan makin lama.


Kenapa pertanyaan di kolom komentar postingan blog nggak pernah dibales?

Err. Anu. Gini. Itu... Sebenernya dibaca, kok. Cuma belum sempat bales aja. Ehehehehehe.
Ya aku inget balesnya udah 3 bulan kemudian gimana dong. Mau kubales kayak basi banget. Terus aku diemin ajah. *lalu dilempar botol Amer sama netizen*.
Nah, supaya yang lain juga bisa baca dan aku juga nggak perlu jawab berulang-ulang baik di postingan maupun di Instagram, mending semua pertanyaan, minta saran, curhat, cari jodoh, promosi obat peninggi .....
UDAHLAH DISINI SEMUA AJA. SOK MAU NANYA APA LAGI KAMU?
NANTI AKAN KU JAWAB MESKI TELAT 3 BULAN. EHEHEHE.

Eh, kalau ada yang mau bantu jawab atau memberikan jawaban yang lebih tepat (karena aku suka salah dan lupa), dipersilakan dengan senang hati.
Luv yuuuu!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pasang Behel di Family Dental Cosmetic (FDC) Part I - Persiapan

Pengalaman Pasang Behel di Family Dental Cosmetic (FDC) Part III - Rotgen Gigi dan Pemasangan Braces

Pengalaman Pasang Behel di FDC Part IV: Akhirnya Cabut Gigi!